Rabu, 05 Oktober 2011

FENOMENA ALAM


FENOMENA ALAM TSUNAMI

I.                   Pendahuluan
Sudah banyak kejadian hal-hal aneh seperti fenomena alam di bumi ini yang jarang sekali orang temukan setiap harinya .

II.                Tujuan
.                  Untuk mengetahui lebih jelas arti dari hal atau kejadian fenomena-fenomena alam

III.             Batasan
Dari awal penyebab fenomena alam itu terjadi hingga tanda-tanda nya dan peringatan terhadap fenomena alam .

IV.             Metode Penulisan
                  Metode pustaka dari goole .

           
Dalam 3 tahun belakangan ini gempa dan tsunami menjadi topik tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Setidaknya 2 kejadian tsunami besar yang memakanbanyak korban jiwa yaitu tsunami Aceh tahun 2004 dan tsunami Pangandaran tahun 2006. Masih ada beberapa kejadian tsunami lainnya seperti di Nias tahun 2005, Maluku tahun 2006 dan Bengkulu 2007. Hal ini bukan berarti sejarah kejadian tsunami di Indonesia baru dimulai sejak 2004 bahkan telah tercatat lebih dari 196 kejadian tsunami di Indonesia sejak tahun 416. Kejadian mengerikan di penghujung tahun 2004 yang terjadi di sebelah barat negara kepulauan ini memang merupakan suatu panggilan untuk lebih memahami  bencana alam. Suka tidak suka tsunami akan terjadi lagi di Indonesia maka dari itu hal yang bisa kita lakukan adalah mempersiapkan diri untuk menghadapinya.
Tak lama setelah Aceh gempa berkekuatan Mw 7,7 membangkitkan tsunami di Pangandaran, tsunami menghempaskan kawasan wisata itu tepat setelah liburan sekolah berakhir. Jika tsunami datang sehari lebih cepat mungkin ribuan orang terenggut jiwanya. Meskipun demikian jumlah penduduk yang menderita tidaklah sedikit, bahkan penampungan pengungsi di kawasan Pangandaran masih bisa dilihat setahun selepas kejadian.
Bagaimana hal ini bisa terjadi, bukankah televisi sudah menyiarkan berulang-ulang kejadian tsunami di Aceh. Seorang pedagang yang selamat dari tsunami Pangadaran menjelaskan bahwa dirinya tidak tahu apa itu tsunami, apa penyebabnya, apa tanda-tandanya, yang ia ketahui hanyalah Aceh terkena tsunami banyak korban berjatuhan dan kotapun rata dengan tanah. Apakah tsunami itu? jawabannya singkat, jika ada tsunami maka akan jatuh korban titik berhenti disitu tidak ada lagi penjelasan lainnya.  Seiring dengan waktu jumlah masyarakat yang mengetahui akan penyebab dan akibat tsunami mulai bertambah, media masa televisi, radio dan koran memegang peranan penting dalam penyebaran informasi di Indonesia.
Akhir-akhir ini tidak jarang kepanikan merebak ketika terjadi gempa disuatu daerah, masih dibayang-bayangi oleh gambaran mengerikan dampak tsunami di Banda Aceh masyarakat tidak mau hal serupa terjadi pada diri mereka. Bisa dikatakan sesuatu peningkatan akan kesadaran, tetapi tidak jarang hal itu menimbulkan kerugian di masyarakat. Terhentinya kegiatan perdagangan atau berkurangnya jumlah wisatawan merupakan hal yang disayangkan oleh masayarakat yang menggantungkan hidupnya disana. Terlebih lagi tidak jarang adanya berita bahwa akan terjadi gempa disusul tsunami disuatu daerah tanpa adanya kajian yang memadai sebelumnya, berita seperti ini tentunya akan mengurangi kepercayaan masyarakat akan suatu peringatan, bagaimana jadinya jika peringatan terhadap bencana yang benar-benar akan terjadi diabaikan oleh masyarakat.
Penyebab Tsunami
Bukan hanya gempa bumi yang dapat menyebabkan tsunami, tetapi juga berbagai gangguan pada laut oleh ledakan gunung, tanah longsor, bahkan jatuhnya meteor meskipun jarang tetapi merupakan hal yang mungkin terjadi.  Tumbukan antara dua lempeng di sebelah selatan dan barat Indonesia merupakan sumber utama aktifitas gempa yang dapat menyebabkan tsunami.  Palung raksasa yang memanjang dari kepulauan Andaman disebelah utara Aceh sampai ke Nusa Tenggara Timur merupakan sumber aktifitas gempa yang dapat menyebabkan tsunami.  Selain suduksi antara Lempeng Australia dengan Lempeng Eurasia masih ada dua tunjaman utama lagi yakni antara Lempeng Eurasia dengan Lempeng Filipina dan ke arah timur antara Lempeng Australia dengan Lempeng Pasifik dimana bagian utara Pulau Irian menjadi daerah yang rawan akan gempa dan tsunami.
http://images.adityagusman.multiply.com/image/1/photos/upload/300x300/R3BtQAoKCB8AABfLThU1/Lempeng.jpg?et=Bc6nroyxH3Y1oEh5XR4%2C%2CA&nmid=
Pertemuan antara dua lempeng atau subduksi merupakan daerah sumber gempa dangkal yang dapat membangkitkan tsunami.
Patahan-patahan kecil yang tersebar diseluruh nusantara juga dapat mengakibatkan gempa dan tsunami, hal ini menjadikan sebagian besar pantai di kepulauan Indonesia tidak ada yang benar-benar aman dari ancama tsunami, mungkin hanya pulau Kalimantan saja yang merupakan daerah tidak rawan gempa dan tsunami.
Penyebab lainnya yang menempati urutan nomor dua pembangkit tsunami adalah ledakan gunung berapi. Gunung Krakatau yang meledak pada tahun 1883 menyebabkan seluruh pemukiman yang mengelilingi Selat Sunda rata dengan tanah. Bahkan sampai sekarang masih bisa dilihat bukti-bukti terjadinya tsunami di daerah itu. Dipantai Anyer sebuah mercusuar peninggalan Belanda dibangun untuk memperingati ledakan Krakatau dan tsunami yang menelan korban sebanyak 36.000 orang. Krakatau merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia yang dikenal seluruh dunia mungkin karena nama Krakatau terdengar menggelegar sehebat ledakannya.
http://images.adityagusman.multiply.com/image/1/photos/upload/300x300/R3BtywoKCB8AACNIG1s1/Krakata_anim.JPG?et=PjbDoci7%2BRuOlMwqRedRcQ&nmid=
Simulasi numerik penjalaran tsunami yang dibangkitkan oleh ledakan gunung Krakatau tahun 1883, tsunami tertinggi tercatat di Merak setinggi 40 meter.
Tanda Akan Terjadinya Tsunami
Sebelum terjadinya tsunami alam akan memberikan peringatan, hal paling awal yang dapat dirasakan oleh penduduk yang tinggal di pantai adalah terasa goncangan akibat gempa. Gempa yang dapat membangkitkan tsunami tentunya gempa yang terjadi di tengah laut dan memiliki kekuatan yang cukup besar. Hal kedua adalah surutnya air laut secara tidak wajar sehingga dasar laut seperti muncul kepermukaan dan menghasilkan hamparan yang luas di depan garis pantai, tanda seperti ini sudah dapat dipastikan tsunami akan datang tidak lama lagi. Terkesima oleh pemandangan yang tidak wajar ini masyarakat pantai sering kali hanya terdiam dipinggir pantai, anak-anak asik menangkap ikan-ikan yang tergelepar di atas permukaan laut yang kering, para nelayan berusaha memperbaiki perahunya yang kandas dan tidak melakukan tindakan penyelamatan dengan bergerak ke daerah yang lebih tinggi. Ketika tsunami mulai mendekati pantai gelombang ini akan membentuk tembok air raksasa orang akan melihatnya sebagai gelombang yang semakin lama semakin besar, tetapi bukan hanya semakin membesar tsunami juga semakin mendekat kearah mereka.
Tanda-tanda lain adalah seperti berterbangannya gerombolan burung, suara menggelegar yang disebabkan oleh massa air yang menghantam dasar laut, dan gelapnya langit di horizon. Jika tanda-tanda alam seperti ini diketahui oleh masyarakat yang tinggal di pinggir pantai mereka dapat mengetahui bahwa tsunami telah medekat dan segera menyelamatkan diri.
Sistem Peringatan Dini Tsunami
Meskipun alam dapat memberikan peringatan sebelum terjadinya tsunami, tetapi menusia memiliki keterbatasan akan indranya. Orang tidak setiap waktu dapat mengamati perubahan ini dengan baik ketika malam hari misalnya atau seperti kejadian Pangandaran penduduk di pinggir pantai tidak atau hanya sedikit saja merasakan goncangan.  Maka dari itu diperlukan teknologi yang dapat menggantikan manusia dan selalu mengamati tanda-tanda ini. Sistem Peringatan Dini Tsunami saat ini sedang dibangun oleh pemerintah indonesia melalui Departemen Riset dan Teknologi sebagai koordinatornya.  Mereka sedang melakukan yang terbaik untuk membangun sistem yang nantinya dapat memperingatkan penduduk jika bahaya tsunami mendekati pemukiman.
Jalur dan area evakuasi mulai disiapkan oleh pemerintah daerah yang memiliki kawasan pesisir, jalur ini nantinya dapat digunakan oleh penduduk untuk melakukan evakuasi menjauhi pantai. Selain jalur evakuasi masyarakat juga membutuhkan rambu-rambu keselamatan yang dapat memandu mereka menyelamatkan diri ketempat yang aman. Tentunya usaha seperti ini di Indonesia bukanlah hal yang mudah dilakukan tetapi dengan kerjasama yang kuat antara pemerintah, masyarakat, ilmuan, dan LSM maka akan terbentuk suatu sistem peringatan dini yang dapat menyelamatkan jiwa manusia. Usaha seperti ini harus terus dilakukan sampai tidak ada lagi air mata seorang ibu yang kehilangan anaknya atau jeritan tangis anak yang kehilangan orang tuanya.

Sumber : Aditya Riadi Gusman
Institute of Seismology and Volcanology
Hokkaido University
Sumber lain : http://adityagusman.multiply.com/journal/item/3/TSUNAMI_FENOMENA_ALAM_YANG_HARUS_DIHADAPI_BERSAMA



V.                Kesimpulan
Tsunami adalah salah 1 fenomena alam yang sangat jarang dijumpai , tsunami sangatlah berbahaya karna dampak dari tsunami tersebut akan menyebabkan air laut naik ke daratan hingga mencapai tinggi meteran .
Tsunami tersebut disebabkan adanya gempa bumi yang berskala besar .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar